Friends

Pages

Tips Biar Ga Ngantuk


Saat kita akan melakukan sesuatu kebaikan pastii aja ada halangannya, apa lagi saat ketika akan belajar, terutama kalo udah di kelas, akhir-akhir ini saya sering ngerasa ngantuk kalo di kelas, apalagi kalo ada dosen yang ngejelasin materi dengan suara yang keciiiil banget, jadi asa didongengin buat tidur (mendingan ngedengerin musik lah) hahaha..

Sayang banget kan kalo kita kuliah/belajar di kelas tapi materi yang seharusnya kita dapatkan malah kabur-kaburan atau malah ga nerap sedikitpun apa yang di sampaikan oleh sang dosen atau ast.dosen?? udah bayar mahal-mahal, udah ngeluaingin waktu kita yang berharga, udah ngeluarin beribu-ribu energi ATP/ATP kita, tapi malah percuma kalo apa yang seharusnya kita terima malah ga efektif dengan hadirnya rasa ngantuk… “Rugi lah…” (gaya kata-kata salah satu teman di kampus saya) haha..

Nah, setelah mendapatkan inspirasi dan pengalaman, saya menemukan beberapa cara buat ngilangin rasa ngantuk tersebut…

1. Niat dan berdoa

Yang pertama tentunya niat dong, segala hal kalo di awali dengan niat insya allah bakalan lancar, berdoa kalo kita ke kampus buat menerima ilmu dengan sebaik-baiknya dan di ridhoi oleh Allah swt.

(awas jangan sampe pake niat buat solat haha)

2. Hanger Out

Hang Out disini bukan berarti ketika rasa ngantuk datang kita cabut pas jam kuliah/belajar (kebiasaan BURUK kebanyakaan mahasiswa pada umumnya haha), maksudnya keluar kelas, ke kamar mandi, cuci muka dan berwudhu (mau sekalian mandi juga ga apa-apa kalo berani Hha)
nah..dengan begitu kita bakalan seger lagi..
(tapi,kalo lagi saum airnya jangan sekalian diminum, ntar malah batal, haha)


3. Meregangkan otot
Caranya dengan angkat tangn ke atas dan ke bawah,puter leher..
(tapi jangan keseringan ntar disangka orang stress haha)


4. Duduk di paling depan
nah..dengan cara ini biasanya kita bakalan jadi lebih konsen,karena takut ketauan dosen, hehe


5. Duduk tegak
kalo kita duduk sambil sarande plus santai maka otot kita akan cepet ngerasa lelah,makannya sering ngantuk
(haha,tapi kalo tegak terus selama kuliah gimana yah?? apalagi ada mata kuliah yang 3 sks,haha)


6.Makan permen
Biasanya kalo ngantuk/jenuh datang saya suka ngemut permen, permen asem paling cocok tuh, dengan syarat asal jangan ketauan sama dosennya kalo kita lagi makan permen, ntar yang ada malah di keluarin, hehe
(tapi masa harus beli teruss?? ntar tekor dong?? haha)


7.Latihan pernapasan
Katanya menurut penelitian ilmiah kalo kita ngantuk tandanya kita lagi kekurangan oksigen, makannya pas ngantuk kita heuay soalnya otak nyuruh kita supaya ngambil oksigen lebih banyak lagi,
caranya tarik napas dalem-dalem terus keluarin lewat mulut.. (jangan keluarin lewat bawah, nanti malah jadi pusat perhatian, hahaha)



8. Self talk
Dengan kita mensugesti kalo gak bakalan ngantuk, insya allah ngantuknya bakalan pergi,,
caranya dengan ngomong "saya pasti bisa! saya pasti gak kan ngantuk!!"
(Tapi ngomongnya jangan kenceneng kenceng teuing..ntar disangka orang gila,wkwkw)


9.Minta cubitin ke temen
cara ini juga lumayan ampuh loh, minta di tampari ke temen juga bisa tuh...
(tapi resikonya kalo keseringn minta dicubitin,, ntar pas beres kuliah badan kita bakalan biru biru,,haha)


10. Ngelamun

Cara ini sebaiknya jangan di tiru, tapi kalo terpaksa karena materi yang disampaikannya ngebosenin atau di ulang-ulang terus atau ga masuk-masuk ke otak….ya apa boleh buat… Tapi ngelamunnya yang ada kaitannya dengan introspeksi diri. hmmmm... ngelamunin tentang “si dia” juga cara yang pas tuh, haha

(tapi jangan ngelamunin yang jorok-jorok, ntar yang ada malah ngacay, dan kembali menjadi pusat perhatian, hahaha)

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More